Monday, October 15, 2018

Lagarde Terkesan Indonesia Bisa Buat Pesawat Sendiri

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde mengakui begitu berkesan waktu lihat beberapa perubahan bidang infrastruktur, wisata, sampai budaya Indonesia yang dipamerkan di Paviliun Indonesia yang ada di ruang pekerjaan Annual Meetings IMF-World Bank Grup 2018, Rabu (10/10).

Lagarde berkunjung ke Paviliun Indonesia serta menyambangi satu-satu stan pameran. Saat telusuri BUMN Hall, wanita yang menjabat menjadi pimpinan paling tinggi IMF semenjak Juli 2011 yang lalu ini tampak ketertarikan dengarkan paparan dari pemandu.

Baca Juga : Harga Kusen Cor dan Harga Kunsen Pintu Cor

Seperti saat Lagarde lihat maket-maket bidang infrastruktur yang dipertunjukkan di BUMN Hall. Ia mengatakan kekagumannya sebab Indonesia telah bisa menghasilkan pesawat. “Saya suka Indonesia dapat bangun pesawat sendiri serta dapat mengekspornya ke luar dengan memakai material sendiri,” tutur Lagarde.

Lagarde ikut takjub saat lihat maket project Lokasi Ekonomi Spesial Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Wanita asal Prancis itu sudah sempat mengutarakan ketertarikannya dengan KEK Mandalika sesudah tahu lokasi ini terlepas dari rusaknya waktu gempa mengguncang Lombok pada Juli lantas serta masih tetap mempunyai banyak villa yang bisa jadikan menjadi investasi.

“Berarti saya mesti beli rumah atau villa disana,” kata Lagarde tersenyum. Tidak cuma terkesima dengan pembangunan infrastruktur serta wisata Indonesia, Lagarde ikut tunjukkan perhatiannya saat menyambangi beberapa pengrajin batik serta tenun di ruang workshop. Ia bahkan juga sudah sempat coba melukis kipas di salah satunya booth.

Baca Juga : Harga Kusen Jendela Cor

Kunjungan Lagarde ke Paviliun Indonesia semakin mengundang perhatian saat ia mendekati seniman musik Sasando. Wanita berumur 62 tahun itu bahkan juga sudah sempat minta pemain Sasando itu membawakan salah satunya lagu kesukaannya.

“Ibu meminta saya mainkan lagu Let It Be punya The Beatles. Ya, cukup gugup, sich,” papar Ivan, pemain Sasando yang mengakui cukuplah seringkali bermain musik untuk wisatawan asing.

Ketertarikan Lagarde dengan Indonesia ikut diperlihatkan waktu ia lihat hasil kerajinan tangan dari kekayaan alam Indonesia. Ia tampak banyak ajukan pertanyaan mengenai perhiasan memiliki bahan perak serta mutiara yang dipamerkan.

Baca Juga : Harga Gazebo dengan Harga Gazebo Minimalis

“Ibu Lagarde tertarik sekali dengan perhiasan memiliki bahan silver dari Bali serta pearl. Beliau katakan, di Prancis tidak ada yang semacam itu sesudah kami berikan jika perhiasan mutiara ini semua datang dari laut Indonesia,” papar Angga Risnando, salah satunya Marketing Executive di Art and Craft hall.

Dalam peluang itu Lagarde ikut mengutarakan kekagumannya sesudah tahu jika pengunjung Paviliun Indonesia bisa tahu langsung harga beberapa produk yang dipertunjukkan dalam eksibisi lewat aplikasi smartphone. “Ini sangat bagus. Begitu fintech. Kalian beberapa langkah semakin maju,” papar Lagarde.

No comments:

Post a Comment